Boxing Fabulous Four

Boxing Fabulous Four adalah sebuah kelompok petinju pada tahun 1980an yang masing-masing mempunyai gaya bertarung yang berbeda dan keempat petinju tersebut adalah rival. Rival yang dibuat oleh kelompok ini berada di kelas welterweight sampai super middleweight. Pada masa ini empat petinju yang di namakan sebagai fabulous four adalah Sugar Ray Leonard, Thomas Hearns, Roberto Duran dan Marvin Hagler.

Pada tahun 1980, Sugar Ray Leonard menjadi juara WBC di kelas welterweight. Di kelas lightweight ada Roberto Duran yang ingin menantang para welterweight. Thomas Hearns menjadi juara welterweight pada organisasi WBA. Yang terakhir adalah Marvin Hagler juara middleweight dunia. Pada tahun itu pun Sugar Ray kalah pertandingan olahraga tinju untuk pertama kalinya melawan Roberto Duran, beberapa bulan kemudian Sugar Ray pun menang lagi dalam pertandingan ulang antara Leonard dan Duran. Setahun kemudian Sugar Ray ditantang oleh Thomas Hearns, Thomas Hearns mengalami kekalahan TKO oleh Sugar Ray. Setelah itu Marvin Hagler melawan Roberto Duran dan Hagler mendapatkan kemenangan.

Dari semua empat petinju ini, Sugar Ray membuktikan bahwa ia adalah petinju terbaik pada era nya. Sugar Ray pernah menang melawan semua anggota dari fab four dan kalah pertamnya pun dari Fab four juga. Keempat petinju ini memiliki gaya yang berbeda beda tapi hampir sama. Mereka memiliki gaya boxer-puncher yaitu mereka bertarung dengan jarak pukulan mereka tetapi mereka berani beresiko untuk maju kepada lawan. Gaya bertinju inilah yang membuat penonton gemar menonton mereka. Keempat petinju ini mewakili gaya yang berbeda dan sifat yang berbeda. Walaupun sudah 20 tahun lebih semenjak masa ini tetapi sampai sekarang mereka masih dikenang sebagai beberapa petinju terbaik di dunia.

Itulah yang membuat dunia tinju menjadi menarik. Dari empat orang ini yang berani beresiko untuk melawan satu sama lain pada masa kejayaannya. Walaupun mereka kalah tapi mereka tidak putus asa, mereka kembali lagi berlatih dan bertanding melawan para petinju-petinju top dunia. 

 

Share: